Jazz (cara
pengucapan: [Jes])
adalah aliran musik yang berasal dari Amerika
Serikat pada awal abad ke-20 dengan akar-akar dari musik Afrika
dan Eropa.
Musik jazz banyak menggunakan gitar,
trombon,
piano,
terompet, dan saksofon.
Elemen penting dalam jazz adalah blue notes, improvisasi, polyrhythms,
sinkopasi, dan shuffle note.
Jazz bisa sangat sulit untuk menentukan karena membentang
dari waltz Ragtime untuk fusi era tahun 2000-an. Meskipun banyak upaya telah
dilakukan untuk menentukan jazz dari sudut pandang di luar jazz, seperti
menggunakan sejarah musik Eropa atau musik Afrika, kritikus jazz Joachim
Berendt berpendapat bahwa semua upaya tersebut tidak memuaskan. Salah satu cara
untuk berkeliling masalah definisi adalah untuk mendefinisikan jazz
"istilah" lebih luas. Berendt mendefinisikan jazz sebagai bentuk
"seni musik yang berasal dari Amerika Serikat melalui konfrontasi orang
kulit hitam dengan musik Eropa", ia berpendapat bahwa jazz berbeda dari
musik Eropa dalam jazz yang memiliki hubungan "khusus untuk waktu, yang
didefinisikan sebagai 'ayunan' "," sebuah spontanitas dan vitalitas
produksi musik di mana improvisasi memainkan peran ", dan" kemerduan
dan cara ungkapan yang cermin individualitas dari musisi jazz melakukan ".
Travis Jackson juga mengusulkan definisi yang lebih luas
dari jazz yang mampu mencakup seluruh era yang berbeda secara radikal: ia
menyatakan itu adalah musik yang mencakup kualitas seperti "berayun ',
improvisasi, interaksi kelompok, mengembangkan sebuah" suara individu, dan
menjadi 'terbuka' untuk kemungkinan musik yang berbeda Krin Gabbard mengklaim
bahwa" jazz adalah membangun "atau kategori yang, sementara buatan,
masih berguna untuk menunjuk" sejumlah musics dengan cukup umum harus
dipahami sebagai bagian dari sebuah tradisi yang koheren ".
Sementara jazz mungkin sulit untuk menentukan,
improvisasi jelas salah satu elemen kunci. Awal blues pada umumnya terstruktur
sekitar pola panggilan-dan-respon yang berulang, unsur umum dalam tradisi lisan
Afrika Amerika. Suatu bentuk musik rakyat yang meningkat di bagian dari lagu
kerja dan bidang hollers Hitam pedesaan, blues awal juga sangat improvisasi.
Fitur-fitur ini mendasar dengan sifat jazz. WhilProxy-Connection: hidup
terus-Cache-Control: max-age = 0
dalam unsur-unsur musik klasik Eropa interpretasi,
ornamen dan pendampingan kadang-kadang kiri ke kebijaksanaan yang berprestasi
itu, tujuan utama adalah pemain memainkan komposisi seperti yang tertulis.
Dalam jazz, Namun, pemain ahli akan menafsirkan sebuah
lagu dengan cara yang sangat individu, tidak pernah memainkan komposisi yang
sama persis dengan cara yang sama dua kali. Tergantung mood pemain dan
pengalaman pribadi, interaksi dengan sesama musisi, atau bahkan anggota
audiens, seorang musisi jazz / pemain dapat mengubah melodi, harmoni atau waktu
penandatanganan di akan. musik klasik Eropa telah dikatakan media komposer.
Jazz, namun, sering ditandai sebagai produk kreativitas egaliter, interaksi dan
kolaborasi, menempatkan nilai yang sama pada kontribusi dari komposer dan
pelaku, 'tangkas berat [ing] klaim masing-masing komposer dan improvisasi' .
Di New Orleans dan Dixieland jazz, performer bergantian
bermain melodi, sementara yang lain countermelodies improvisasi. Dengan era
swing, big band datang untuk lebih mengandalkan musik diatur: pengaturan entah
tertulis atau dipelajari oleh telinga dan hafal - banyak artis jazz awal tidak
bisa membaca musik. solois Individu akan berimprovisasi dalam pengaturan ini.
Kemudian, di bebop fokus bergeser ke arah kelompok-kelompok kecil dan
pengaturan minimal; melodi (dikenal sebagai kepala "") akan
dinyatakan secara singkat pada awal dan akhir bagian, tapi inti dari kinerja
akan menjadi serangkaian improvisasi dalam tengah. Kemudian gaya jazz seperti
jazz modal meninggalkan gagasan ketat kemajuan akord, yang memungkinkan
individu musisi berimprovisasi bahkan lebih bebas dalam konteks skala tertentu
atau mode. avant-garde dan idiom jazz bebas izin, bahkan memanggil, meninggalkan
chords, sisik, dan meter berirama.
Telah lama ada perdebatan di komunitas jazz atas definisi
dan batas-batas "jazz". Meskipun perubahan atau transformasi jazz
oleh pengaruh baru awalnya sering dikritik sebagai kehinaan ","
Andrew berpendapat Gilbert jazz yang memiliki kemampuan "untuk menyerap
dan mengubah pengaruh" dari gaya musik yang beragam. Sementara beberapa
penggemar jenis tertentu jazz berpendapat untuk definisi sempit yang
mengecualikan berbagai jenis musik juga dikenal sebagai "jazz",
musisi jazz sendiri sering enggan untuk mendefinisikan musik mereka bermain.
Duke Ellington menyimpulkan dengan mengatakan, "Ini semua musik."
Beberapa kritikus bahkan menyatakan bahwa musik Ellington bukanlah jazz karena
diatur dan mengatur. Pada teman sisi lain Ellington dua puluh solo Earl Hines's
"transformatif versi "komposisi Ellington (pada Earl Hines Dimainkan
Duke Ellington dicatat pada tahun 1970) yang dijelaskan oleh Ben Ratliff, New
York Times kritikus jazz, seperti" sebagai contoh yang baik dari proses
jazz sebagai sesuatu di luar sana ".
Berorientasi komersial atau populer yang dipengaruhi
musik jazz bentuk memiliki keduanya lama dikritik, setidaknya sejak munculnya
Bop. penggemar jazz tradisional telah diberhentikan Bop, tahun 1970-an jazz [era
fusi dan banyak lain] sebagai periode penurunan nilai komersial dari musik.
Menurut Bruce Johnson, musik jazz selalu memiliki ketegangan "antara jazz
sebagai musik komersial dan bentuk seni" catatan Gilbert itu. Sebagai
gagasan tentang kanon jazz adalah berkembang, "prestasi masa lalu"
dapat menjadi "... istimewa atas kreativitas istimewa ..." dan
inovasi seniman saat Village Voice. jazz kritikus Gary Giddins berpendapat
bahwa sebagai penciptaan dan penyebaran jazz semakin dilembagakan dan
didominasi oleh perusahaan hiburan besar, jazz adalah menghadapi "sebuah.
.. masa depan berbahaya kehormatan dan penerimaan tertarik "David Ake.
memperingatkan bahwa penciptaan" norma "dalam jazz dan pembentukan
tradisi jazz" "mungkin mengecualikan atau sampingan lainnya yang
lebih baru, avant-garde bentuk jazz . Kontroversi juga muncul lebih dari
bentuk-bentuk baru jazz kontemporer dibuat di luar Amerika Serikat dan
berangkat secara signifikan dari gaya Amerika Di satu pandangan mereka
merupakan bagian penting dari pengembangan saat ini jazz itu;. di lain mereka
kadang-kadang dikritik sebagai penolakan terhadap tradisi jazz penting.
Asal kata
"Jazz"
Asal-usul dari jazz kata adalah salah satu yang paling
dicari asal-usul kata dalam bahasa Inggris Amerika modern. Bunga intrinsik
Kata's - American Dialect Society menamakannya Kata Abad Duapuluh - telah
menghasilkan penelitian yang cukup besar, dan sejarahnya dengan baik
didokumentasikan. Seperti dijelaskan lebih rinci di bawah, jazz dimulai sebagai
istilah slang Pantai Barat sekitar tahun 1912, yang berarti yang bervariasi
tetapi tidak mengacu pada musik atau seks. Jazz datang berarti musik jazz di
Chicago sekitar tahun 1915. Jazz dimainkan di New Orleans sebelum waktu itu,
tapi tidak disebut jazz.
Jazz kata membuat salah satu penampilan yang paling awal
di San Francisco bisbol menulis pada tahun 1913. "Jazz diperkenalkan ke
San Francisco pada 1913 oleh William (Spike) Slattery, olahraga Call editor,
dan disebarkan oleh pemimpin-band bernama Seni Hickman itu tercapai. Chicago
dengan 1915 namun tidak mendengar di New York sampai setahun kemudian.
"Salah satu kegunaan yang dikenal pertama dari kata jazz muncul di 3 Maret
1913, artikel bisbol di San Francisco Bulletin oleh ET "Scoop"
Gleeson .
Sumber:www.anggasecreat.blogspot.com
0 komentar:
Posting Komentar